Jembatan Barelang, Golden Gate-nya kota Batam


Di Batam terdapat sebuah jembatan yang dapat mengingatkan anda pada jembatan Golden Gate yang ada di kota San Fransisco,USA. Dikarenakan konsep dan strukturnya menyerupai Golden Gatenya San Fransisco. Jembatan itu bernama Jembatan Tengku Raja Haji Fisabililah atau lebih dikenal dengan nama Jembatan Barelang.

Sebenarnya Jembatan Barelang adalah rentetan dari 6 buah jembatan yang menghubungkan Pulau Batam dengan 6 pulau lainnya, dan jembatan Tengku Raja Haji Fisiabilillah merupakan jembatan yang pertama. Sedangkan Barelang sendiri sebenarnya adalah akronim dari nama 3 pulau besar yaitu Batam, Rempang, dan Galang.

Jembatan Tengku Raja Haji Fisabilillah atau Jembatan Barelang yang juga merupakan ikon kota Batam, dibangun pada tahun 1992 atas prakarsa Pak BJ Habibie dan selesai pada tahun 1998. Konsepnya adalah Cable Stayed ala Golden Gate yang berkesan megah dan mewah. Dana yang dibutuhkan untuk membangun jembatan berdimensi 642 x 350 x 38 meter ini adalah sekitar 400 miliar, wow.

Kemegahan dan kemewahan jembatan ini juga ditunjang oleh landscape yang indah, suasana pinggir laut yang nyaman dan masih alami, menjadikan tempat ini menjadi tempat bersantai favorit yang murah meriah. Anda dapat menikmati hamparan pemandangan laut dan pulau-pulau di kejauhan, sambil memakan jagung bakar, sate atau jajanan seafood lainnya yang banyak dijual pedagang kaki lima di sana. Sayangnya, kadang mereka berjualan di badan jembatan yang sebenarnya berbahaya bagi keselamatan. Tapi bagaimanpun juga, tempat ini menarik untuk dikunjungi. Berikut fotonya di waktu sore hari.

0 komentar:

Posting Komentar