Batam kian akrab dengan rekor MURI.



Sejalan dengan kemajuan pembangunannya,Batam memiliki beberapa objek menarik yang dicatatkan dalam rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Catatan membuktikan bahwa Batam juga merupakan kota yang kreatifasnya sangat potensial untuk dikembangkan.

1. Batam memiliki baliho terbesar di Indonesia, berukuran 100 meter x 10 meter. Baliho ini terdapat di simpang Jam, Baloi. Bertema "Anti Narkoba" yang menyatakan keseriusan untuk memerangi narkoba di propinsi Kepri.


2. Hang Nadim merupakan bandara dengan lintasan terpanjang di Indonesia sejauh 4.025 meter. Lebih panjang dari landasan bandara Soetta yang hanya sejauh 3000 meter, bahkan diperkirakan sebagai landasan terpanjang di Asia Tenggara.

3. Patung Dewi Kwan Im di KTM resort Sekupang, dinobatkan sebagai patung Dewi Kwan Im tertinggi di Indonesia. Patung ini terbuat dari beton cor, setinggi 22,37 meter dengan berat 112 ton. Karena terletak dalam sebuah resort di pinggir pantai, keberadaan patung ini juga menjadi tujuan wisata yang potensial terutama wisata religi bagi umat Budha.

4. Tulisan COASTARINA, tercatat sebagai tulisan terbesar di Indonesia. Tulisan dari beton ini terdapat di area taman wisata Ocarina, Batam Centre. Beratnya mencapai 600 ton.

5. Batam pernah dicatat sebagai kota dengan jumlah pemasangan lampion terbanyak di Indonesia pada tahun 2006. Jumlahnya mencapai 5000 lebih, yang dipasang di sepanjang jalan Nagoya-Batam Centre.

6. Supermarket Hypermart Batam mentasbihkan diri dalam rekor MURI sebanyak 3 kali dibidang kuliner.
Tahun 2007 membuat lontong yang berukuran 101.8 meter x 28 cm, menghabiskan beras sebanyak 400 kg.
Tahun 2006 memasak rendang terberat. Masakan khas Padang tersebut dibuat seberat 1.706 kg.
Tahun 2005 mebuat masakan khas Italia, pizza, dengan ukuran terbesar di Indonesia. Berukuran 65 m x 75 cm. (Tahun ada ga ya?)

Wow! Catatan rekor yang boleh dibanggakan. Kita tunggu kejutan spektakuler selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar